Pendam III/Slw Menggelar "Siliwangi Cakap Literasi Digital"

Rabu, 07 Feb 2024, 08:26:48 WIB, 25 View Media Center, Kategori : Makodam

Bandung, - Kodam III/Siliwangi menggelar Rakornis Bidang Intelijen, Sandi dan Siber serta Penerangan TA. 2024, yang didalamnya diberikan pembekalan tentang Public Speaking. Kegiatan diikuti oleh 110 personel dari seluruh satuan jajaran Kodam III/Siliwangi di Graha Tirta Siliwangi, Selasa (06/02/2024).

Hal tersebut sesuai arahan Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko kepada Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen, bahwa seluruh personel jajaran Kodam III/Slw harus memiliki kecakapan terhadap literasi digital.

Materi Public Speaking diberikan kepada personel yang melaksanakan fungsi penerangan di tiap-tiap satuan. Hal itu untuk menjawab kebutuhan saat ini di tengah derasnya arus digitalisasi media, kegiatan mengangkat tajuk "Siliwangi Cakap Literasi Digital".

Jurnalisme digital dan produksi video dokumenter menjadi fokus yang digarap pada kegiatan tersebut. Hal itu sebagai tindak lanjut dari pembekalan yang telah dilaksanakan oleh Dispenad bersama Tribun Academy pada tanggal  26 s.d. 27 Januari 2024 di Jakarta.

Siliwangi Cakap Literasi Digital, dilakukan atas kerja sama antara Kodam III/Siliwangi dengan Tribun Jabar. Acara menghadirkan narasumber Koordinator Editor Video Tribun Jabar Mega Nugraha Sukarna, S.H., dan Wakapendam III/Slw Letkol Kav Embi Triono, S.T., M.Si.

Mega Nugraha Sukarna, S.H., mengupas tuntas terkait seluk beluk video konten mulai alur pengelolaan, pengambilan bahan, proses editing, mengemas konten hingga pemahaman tentang trend pembaca berita. Hal tersebut sangat penting dipahami oleh para personel pengelola fungsi penerangan di satuan jajaran Kodam III/Slw.

Sedangkan Wakapendam III/Slw mengurai materi tentang Komunikasi Di Era Digital dengan mengenalkan cara memilih platform medsos, mengetahui audiens, teknik mengemas cerita, content plan serta kolaborasi media masa.

Diharapkan pengetahuan yang diberikan dapat membekali para peserta dan dapat diteruskan kepada seluruh anggota di satuan, sehingga kinerja fungsi penerangan jajaran Kodam III/Slw dapat dioptimalkan. (Pendam III/Siliwangi).

Tuliskan Komentar