Pangdam III/Slw Tutup TMMD ke-119 Kodim 0602/Serang

Kamis, 21 Mar 2024, 08:00:37 WIB, 51 View Media Center, Kategori : Makodam

Serang, - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., menjadi Irup pada Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 TA. 2024 di Kodim 0602/Serang. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Ponpes Modern Shohibul Muslimin Desa Tunjung Teja Kec. Tunjung Teja Kab. Serang Prov. Banten, Rabu (20/03/2024).

Penutupan TMMD dihadiri oleh Danrem 064/MY Brigjen TNI Fierman Sjafirial Agustus, S.I.P., Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, Asintel, Asops, Aspers dan Aster Kasdam III/Slw, Kapendam dan Kazidam III/Slw, Dandim Jajaran Korem 064/MY, Dan/Kabalak Korem 064/MY, Forkopimda Kab. Serang serta Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny. Ira M. Fadjar beserta pengurus.

Pangdam III/Slw dalam amanatnya menyampaikan bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, terutama di pedesaan yang masih minim infrasturktur bahkan mungkin termasuk kategori desa tertinggal.

“TNI mencoba untuk hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Pemda maupun masyarakat, dengan berupaya meningkatkan kesejahteraan melalui pembangunan infrastuktur yang dibutuhkan masyarakat baik fisik maupun non fisik,” ucap Pangdam.

TMMD juga menjadi sarana bagi TNI untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka menggelorakan semangat gotong royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan. Sesuai tema TMMD, yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.”

Pangdam selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) TMMD ke-119 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Gubernur, Bupati beserta Unsur Forkopimda yang daerahnya telah selesai melaksanakan Program TMMD ke-119, yaitu Kab. Serang di Provinsi Banten, Kab. Sukabumi, Kab. Bandung dan Kab. Majalengka di Provinsi Jawa Barat.

Kepada Dansatgas TMMD, Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., memerintahkan untuk melakukan evaluasi pada setiap tahapan kegiatan guna penyempurnaan dan pengembangan Program TMMD selanjutnya. Penyusunan laporan TMMD juga harus dibuat sesuai dengan ketentuan administrasi yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan secara akuntable.

”Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. Jadikanlah momen selama kegiatan TMMD sebagai pembelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi masyarakat, karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” tutur Pangdam.

Terhadap hasil yang telah dicapai pada program TMMD, diharapkan seluruh Stakeholder di Kab. Serang dapat menjadikan TMMD sebagai pemicu untuk terus berkolaborasi dalam melakukan pembangunan secara fisik maupun non fisik di wilayah sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

”Kita bisa melakukan percepatan pembangunan bagi masyarakat agar lebih sejahtera, dengan catatan kita semua harus kompak bersama-sama sekuat tenaga untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur,” pesan Pangdam.

TMMD ke-119 di wilayah Kodam III/Slw dimulai sejak tanggal 20 Februari 2024 yang digelar di wilayah Kodim 0602/Serang, Kodim 0617/Majalengka, Kodim 0624/Kab. Bandung dan Kodim 0607/Kota Sukabumi. Selanjutnya secara serentak ditutup pada tanggal 20 Maret 2024.

Pada waktu yang bersamaan, juga dilaksanakan Upacara Penutupan TMMD di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi dengan Irup Kasdam III/Slw Brigjen TNI Aminudin, S.I.P., dengan didampingi Danrem 061/SK Brigjen TNI Faisol Izzudin Karimi, S.E., Wilayah Kodim 0624/Kab. Bandung dengan Irup Irdam III/Slw Brigjen TNI Agus Gunawan dengan dihadiri oleh Danrem 062/TN Kolonel Arh Rudi Ragil Sang Putra., S.Sos, M.Si., Sedangkan di wilayah Kodim 0617/Majalengka dengan Irup Kapoksahli Pangdam III/Slw Brigjen TNI Sugiyono didampingi oleh Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Bayu Sudarmanto. (Pendam III/Siliwangi).

Tuliskan Komentar