Pangdam III/Slw Peringati Hari Pahlawan di Sumedang.

Senin, 13 Nov 2023, 07:58:26 WIB, 369 View Media Center, Kategori : Makodam

Sumedang, - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus menghadiri peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Pusat Pemerintahan Kab. Sumedang, Jum’at (10/11/2023).

Dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan”, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) PJ. Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, S.E., M.T., dengan Komandan Upacara Danyonif 301/PKS Mayor Inf Henggar Tri Wahono, S.H., M.H., serta Perwira Upacara Kasdim 0610/Smd  Mayor Czi Yusuf Junaidi.

Upacara dihadiri oleh Wadan Sesko TNI, Wadan Seskoad, Sekda Prov. Jabar, Kas Gartap II/Bdg, Danlanud Husein Sastranegara, Danlanud Sulaeman, Danlanal Bandung, Dansat Brimob, para Pejabat Pemprov Jabar, Wakil Kajati Jabar,  PJ. Bupati Sumedang, Dandim 0610/Sumedang, Kapolres Sumedang, para Kepala SKPD Pemkab. Sumedang, Kepala Kemenag Kab. Sumedang, Ketua Baznas dan Ketua MUI Kab. Sumedang, para Ketua Ormas di Kab. Sumedang serta undangan lainnya.

Menteri Sosial dalam amanatnya yang dibacakan PJ. Gubernur menyampaikan bahwa peringatan hari pahlawan memiliki makna yang sangat mendalam bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, hal tersebut sangat luar biasa dan merupakan tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam termasuk potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

Ancaman dan tantangan harus ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti yang telah dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Hal itu tentu tidak mudah, tetapi pasti bisa karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita semua nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika diikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok.

Indonesia bukan bangsa pecundang, sehingga kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi.

Seusai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Pangdam III/Slw beserta rombongan melaksanakan ziarah ke Komplek Makam Pangeran Koeseoemahdinata atau yang lebih dikenal Pangeran Santri di Dusun Pasangrahan Kel. Kota Kulon Kec. Sumedang Selatan, selanjutnya menuju ke Makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien. (Pendam III/Siliwangi).

Tuliskan Komentar