Kasad Buka Persami Saka Wira Kartika TA. 2024 di Sumedang

Senin, 05 Feb 2024, 11:00:37 WIB, 51 View Media Center, Kategori : Makodam

Bandung, - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Dwi Erwin Djatniko mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., beserta Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Uli Simanjuntak membuka secara resmi Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) Saka Wira Kartika Tahun Anggaran 2024 bertempat di Buper Kiarapayung Kab. Sumedang Provinsi Jawa Barat, Sabtu (03/02/2024).

Pada kegiatan pembukaan Persami Saka Wira Kartika TA. 2024 Kodam III/Slw menjadi pilihan Kasad sebagai pusat pelaksanaan kegiatan yang dipusatjan di Buper Kiarapayung Kab. Sumedang.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika diikuti oleh kurang lebih 2.000 Pramuka dari Saka Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Bahari, Saka Bayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wana Bakti, Saka Pariwisata, Saka BP POM, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Adayasta Pemilu, Saka Amal Bakti, Saka Pasundan, Saka SPN, Saka Ma’arif dan Saka Sekolah Islam Terpadu.

Kegiatan diawali dengan penyematan tanda peserta, penyerahan bibit pohon dan penyematan Tiska Siaga Tanggap Bencana kepada perwakilan peserta upacara oleh Kasad.

Pada amanatnya Kasad menyampaikan Pramuka adalah organisasi yang penting untuk ditindak lanjuti dengan membekali para pemuda-pemudi bukan hanya terampil di lapangan tapi juga memiliki jiwa kesatria dan kebangsaan.

“Kedepan kegiatan Pramuka akan kita evaluasi khususnya Persami, agar dilaksanakan lebih aktif dan lebih efektif lagi dan betul-betul membekali para pemuda khususnya anggota pramuka dengan sebaik-baiknya,” ucap Kasad.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika mengambil tema “Bersatu dengan alam rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah”. Diharapkan pada setiap kegiatan Persami akan terus melaksanakan penanaman pohon.

“Kita sering mendengar berbagai bencana alam, padahal kita mempunyai kesempatan untuk mencegah bencana agar tidak semakin parah,” ujar Kasad.

Sementara itu kepada awak media Kasad menyampaikan kegiatan Persami akan lebih diefektifkan lagi tentang keterampilan Pramuka dan juga pembinaan untuk membangkitkan jiwa satria dan wawasan kebangsaan.

“Kita memulai program penanaman Pohon di Indonesia untuk memelihara alam dengan baik menghindarai bencana banjir maupun longsor,” jelas Kasad

Pada kesempatan tersebut Kasad memberangkatkan peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika untuk melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon dilanjutkan meninjau kegiatan pengobatan massal di lapangan utama Buper Kiarapayung.

Kegiatan penanaman bibit pohon dilaksanakan diseluruh Indonesia dengan bibit sebanyak 70 ribu pohon, untuk wilayah Sumedang penananam pohon sebanyak 7.320 pohon.

Usai penanaman Kasad dan rombongan melaksanakan pelepasan burung ke alam dilanjutkan dialog dengan para Pangdam jajaran TNI-AD secara virtual untuk melihat pelaksanaan kegiatan Persami Saka Wira Kartika di masing-masing Kodam.

Selain itu Kasad dan Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Uli Simanjuntak juga memberikan bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako kepada masyarakat sekitar Kiarapayung.

Turut hadir Irjenad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpusterad, Danpussenif, Wadanpuspomad, Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, para Asisten Kasad, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Deputi 1 Sistem dan Strategi BNPB, PJ Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Kapusziad, Kapushubad, Kapusbekangad, Kapuskesad, Dirtopad, Kadisjasad, Kadispenad, Kasdam III/Slw, Danrem 061/SK, Danrem 062/TN, Danrem 063/SGJ, para Asisten Kasdam III/Slw, para PJU Polda Jabar, para Dansat/Kabalakdam III/Slw, Forkopimda Jabar, para Dandim jajaran Kodam III/Slw, Pj. Bupati Sumedang dan Forkopimda Kab. Sumedang. (Pendam III/Siliwangi).

Tuliskan Komentar