Danrem 062/TN Hadiri Panen Cabai dan Gerakan Pangan Murah

Kamis, 21 Des 2023, 12:18:07 WIB, 174 View Media Center, Kategori : KOREM

Kab. Garut, - Dalam rangka stabilitas harga pangan, Komandan Korem 062/TN Kolonel Arh Rudi Ragil SP, S.Sos, M.Si., menghadiri kegiatan panen cabai dan kunjungan ke pasar serta menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak bertempat di Kebun Edukasi Eptilu, Jalan Raya Cikajang KM. 24, Ds. Mekarsari, Kec. Cikajang, Kab. Garut. Rabu (20/12/2023).

GPM disediakan untuk masyarakat Kab. Garut agar dapat berbelanja kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Rangkaian kegiatan di awali dengan pelaksanaan dialog antara PJ Gubernur DKI Jakarta, PJ Gubernur Provinsi Jawa Barat, PJ Gubernur Provinsi Jawa Tengah, dan PJ Gubernur Provinsi Banten dengan Kepala Badan Pangan Nasional melalui Video Conference (Vicon), kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Panen Cabai secara serentak serta peninjauan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan pasar Cisurupan.

Kepala Biro Perekonomian Jawa Barat Yuke Mauliani Septina pada kesempatan itu memaparkan, kegiatan Panen Cabai dan Kunjungan ke Pasar serta GPM secara serentak dalam rangka Stabilisasi Harga Pangan di Provinsi Jawa Barat.

"Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 7 lokasi, yaitu di Kab. Garut, Kab. Cianjur, Kab. Ciamis, Kab. Majalengka, Kab. Bandung, Kab. Kuningan dan Kab. Sukabumi," tutur Ka Biro Perekonomian.

Untuk jumlah luas kebun yang akan di panen secara serentak seluas 11,5 Hektar, dan potensi untuk hasil panen sebanyak 90 Ton.

Sementara itu Ka Biro Perekonomian menyampaikan bahwa dirinya saat ini sedang berada di Kab. Garut. Selain panen cabai serentak pihaknya melakukan GPM di lokasi yang sama dan hasil panennya juga akan disalurkan langsung di GPM serta dilanjutkan dengan kunjungan ke pasar Cisurupan.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan pembangunan Dr. H. Dodo Suhendar M.M., pada saat pelaksanaan Vicon menyampaikan kepada seluruh jajaran Kepala Daerah se-Jawa Barat bahwa hari ini telah dilaksanakan kegiatan Panen Cabai yang merupakan salah satu penyebab inflasi di Prov. Jawa Barat. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan Panen Cabai dan Kunjungan ke Pasar serta Gerakan Pangan Murah secara serentak ini harga cabai dan pangan bisa stabil kembali," ucap Dr. Dodo.

Turut hadir pada kegiatan Wakil Bupati Garut, Dandim 0611/Garut, Dishub Jabar, TP PKK Provinsi, DPPH Prov. Jabar, Kepala Seksi Energi dan Ketenaga listrikan, Ditreskrimsus Polda Jabar,  Kabid DKP Kab. Garut, Kajari Kab. Garut serta tamu undangan lainnya. (Pendam III/Siliwangi).

Tuliskan Komentar